0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ponten Kestalan, Bukti Gaya Hidup Sehat Sejak Zaman Penjajahan

timlo.net/achmad khalik
Ponten peninggalan Mangkunegara VII yang terletak di Kampung Ngebrusan, Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Masyarakat Solo khususnya di Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari telah diperkenalkan gaya hidup sehat. Ini diperkuat dengan adanya sebuah Ponten atau tempat Mandi Cuci Kakus (MCK) yang dibangun pada masa pemerintahan Mangkunegara VII di kawasan Kampung Ngebrusan, Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari.

“Kelurahan Kestalan ini dulunya dikenal sebagai tempat dengan gaya hidup sehatnya. Bahkan, sejak zaman Mangkunegara VII atau sekitar tahun 1937 lalu,” terang Lurah Kestalan, Ibnu Sarsito, disela kegiatan Kirab Budaya Ponten Kelurahan Kestalan, Rabu (17/8) siang.

Saat ini pihaknya melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengedukasi masyarakat dengan cara memberikan sosialisasi terkait MCK sehat. Selain itu, masyarakat baik ditingkat RT maupun RW juga mendapat perhatian khusus supaya meningkatkan kesehatan dengan cara memiliki MCK yang bersih dan layak pakai.

“Jadi kegiatan kirab budaya ponten Kelurahan Kestalan ini sebagai sarana untuk mengajak masyarakat supaya lebih peduli dengan fasilitas MCK yang mereka miliki,” tegas Ibnu.

Pantauan di lapangan, sebanyak enam gunungan berisi produk jajanan dan pangan olahan diarak mulai dari Jalan S Parman menuju Kelurahan Kestalan. Dari sana, dilanjutkan menuju ke Jalan Monginsidi hingga ke Jalan Abdul Rahman Saleh. Setelah itu menuju Jalan Kalimantan hingga berakhir dikawasan Kampung Ngebrusan, Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari.

Warga yang telah menyemut sejak siang, langsung menyerbu gunungan yang diusung oleh peserta kirab. Dalam sekejap, gunungan ludes tak tersisa.

“Di tahun kedua penyelenggaraan kirab budaya Ponten Kestalan ini dapat memberikan edukasi hidup sehat kepada masyarakat,” terangnya.

DSC_0006

Kegiatan kirab ponten Kelurahan Kestalan yang di pusatkan dikawasan Kampung Ngebrusan, Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjarsari (timlo.net/achmad khalik)

Editor : Ari Kristyono

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge