0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inilah yang Terjadi Jika Lansia Gelar Upacara Bendera

timlo.net/putra kurniawan
Lansia Kelurahan Jetis gelar upacara bendera (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Puluhan orang lanjut usia (Lansia) menyelenggarakan Upacara Bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 dengan bahasa jawa dan berpakaian tradisional. Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk mengingatkan kepada generasi penerus untuk melestarikan budaya jawa.

“Pada jaman dahulu upcara dilakukan dengan bahasa jawa, jadi kami ingin mengingatkan sejarah pada jaman dahulu dan sekaligus agar generasi penerus ikut melestarikan budaya jawa,” kata Ketua Bina Keluarga Lansia Ngudi Waras, Sumadi, Rabu (17/8).

Upacara diikuti 70 orang anggota BKL Ngudi Waras yang semuanya sudah berusia lanjut dengan memakai pakaian adat jawa berupa beskap dan kebaya. Upacara ini juga diiringi lagu gending-gending jawa serta menggunakan bahasa jawa.

Meskipun pada usia lanjut, namun seluruh peserta terlihat sangat antusias mengikuti semua prosesi upacara dari awal hingga akhir. Bahkan pekik Merdeka mereka masih terdengar lantang seakan mengisyaratkan jiwa mereka masih muda meskipun raga sudah dimakan usia.

“Kita ingin memberi contoh kepada semua saja untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan yang saat ini kita nikmati. Jadi meskipun kami sudah tua, tapi jiwa dan semangat kami masih muda,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge