0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Kampung Disulap Jadi Lapangan Upacara

Warga gelar upacara di jalan kampung (foto: Khalik)

Solo – Meski tak memiliki lahan cukup untuk menggelar upacara bendera, namun tak menyurutkan semangat bagi warga Kampung Bangunharjo RW. 09 Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres untuk melangsungkan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini. Upacara digelar di sebuah jalan kampung dengan diikuti oleh sejumlah warga yang mendiami kawasan tersebut.

“Meski ruang disini sangat terbatas, namun tak menyurutkan niat kami untuk melakukan upacara di Hari Kemerdekaan ini,” terang sesepuh Kampung Bangunharjo, YF Sukasno, Rabu (17/8).

Awalnya, warga kampung berkeluh kesah untuk dapat mengikuti upacara bendera. Namun, dikawasan mereka tidak terdapat lahan atau lapangan yang cukup untuk melakukan upacara bendera.

Hingga akhirnya, Sukasno menyarankan untuk memanfaatkan jalan kampung selebar lima meter dan panjang sekitar 20 meter tersebut untuk digunakan sebagai ‘lapangan’. Alhasil, upacara bendera digelar dijalan kampung tersebut.

“Kalau menurut saya, lokasi upacara digelar dimanapun bisa. Yang penting, memaknai bagaimana pendahulu kita merebut kemerdekaan yang kita nikmati saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RW 09, Suwanto mengaku, peserta upacara sangat antusias mengikuti upacara bendera HUT Kemerdekaan yang diselenggarakan.

“Kalau dari warga sangat antusias, meski digelar di gang sempit. Harapannya, warga dapat memaknai arti kemerdekaan, meski dalam keterbatasan seperti saat ini,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge