0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Upacara 17 Agustus, Ribuan Pendaki Banjiri Gunung Bawakaraeng

Ilustrasi pendaki gunung (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Jumlah pendaki tiba di Puncak Gunung Bawakaraeng pada Selasa (16/8) kemarin, mencapai 4.298 orang. Meski cuaca tergolong bagus, namun satu per satu pendaki jatuh sakit sehingga harus digotong turun gunung.

“Jumlah pendaki yang terdata di posko SAR pendakian siaga merah putih Gunung Bawakaraeng hingga pukul 19.00 WITA sudah 4.298 pendaki berada di puncak. Di antara mereka yang sudah berada di puncak ditemukan ada satu orang keseleo kakinya, satu orang sakit kena asma dan satu orang kena hypotermia. Mereka sementara ditangani tim medis selanjutnya akan diturunkan dari gunung. Mereka tidak diperkenankan memaksakan diri,” kata Kepala Basarnas Makassar Roki Asikin.

Para pendaki berbondong-bondong mencapai Puncak Gunung Bawakaraeng. Mereka rencananya akan mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung setinggi 2.830 Meter di atas permukaan laut (MDPL), itu untuk memperingati HUT ke-71 Indonesia.

Guna menjaga keamanan pendakian, mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi, Basarnas Makassar turut andil dengan membuka posko SAR siaga merah putih. Ada dua posko induk cadas dan delapan posko lainnya. Jumlah anggota tim ada 119 orang dibantu sejumlah tim medis.

Hingga malam ini pendaki masih saja berdatangan. Di antaranya ada yang baru memulai pendakian. Padahal pendakian malam hari sangat rawan. Roki Asikin menuturkan, sudah ada pendaki yang ditemukan di pos 3 dan pos 5.

“Mereka kita tahan di pos masing-masing, tidak diperkenankan mendaki malam. Nanti besok pagi mereka bisa lanjutkan pendakian,” tegas Roki Asikin.

Selain itu, hal yang diantisipasi pihaknya, yakni mencegah para pendaki mencoba membuka jalur baru. Sebab, hal ini biasanya membuat para pendaki hilang maupun tersesat.

[ang]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge