0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Luhut Segera Garap Divestasi Freeport

Luhut Pandjaitan (merdeka.com)

Timlo.net – Plt Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Luhut Binsar Panjaitan segera menindaklanjuti proses divestasi PT Freeport Indonesia. Sebab, sampai saat ini dia belum mendapat kabar terakhir soal divestasi Freeport.

“Saya akan menunggu laporan dari Pak Dirjen (Mineral dan Batu Bara) mungkin kalau bisa paling lambat besok setelah upacara 17-an, saya mau dibrief,” ucap Menko Luhut, Selasa (16/8).

“Saya belum update yang terakhir, belum sempat tadi tanya karena waktunya mepet. Saya mau dengar laporannya karena saya juga mengerti masalah itu sewaktu saya menjadi Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP),” tambahnya.

Seperti diketahui, nama Menko Luhut sempat diberitakan dekat dengan Freeport usai terkuaknya kasus ‘Papa Minta Saham’. Dalam rekaman pertemuan antara Politikus Golkar Setya Novanto, juragan minyak M Riza Chalid dan Presdir Freeport Maroef Sjamsoeddin di Hotel Ritz Carlton pada 8 Juni 2015, nama Menko Luhut disebut sebanyak 66 kali. Luhut disebut bisa mengupayakan perpanjangan kontrak Freeport kepada pemerintah nantinya.

Luhut bahkan mengakui pernah bertemu dengan bos PT Freeport-Mc Moran, James R Moffet alias Jim Bob untuk mengupayakan perpanjangan kontrak Freeport pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lalu.

Luhut menyatakan pernah menghadap SBY agar pemerintah mau memperpanjang kontrak Freeport usai dirinya bertemu dengan Jim Bob. Namun sayang, setelah bicara dengan SBY soal Freeport, pemerintah menolak perpanjangan kontrak tersebut. Dalam aturan, pembahasan perpanjangan kontrak paling cepat baru bisa dilakukan pada 2019.

Karena tidak disetujui oleh SBY, Luhut menambahkan, setelah itu dirinya tak lagi berurusan dengan Freeport.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge