0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Klaten Lurik Carnival Disokong Kemenpar Rp 500 Juta

Klaten Lurik Carnival tahun 2015 (dok.timlo.net/youtube)

Klaten — Jumlah kontingen peserta Klaten Lurik Carnival (KLC) 2016 meningkat dibandingkan tahun lalu. Bahkan, ajang untuk mempromosikan produk unggulan Klaten ini menerima kucuran dana ratusan juta rupiah dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

“Tahun lalu pesertanya ada 32 kontingen. Kini bertambah menjadi 46 kontingen berasal dari kecamatan, BUMD, BUMN, Pelaku Usaha, Rumah Sakit Negeri/ Swasta dan sejumlah SKPD tertentu,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Olahraga dan Pemuda (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono, Selasa (16/8).

Dijelaskan, KLC tahun kedua ini akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2016 mulai pukul 14.00 WIB. Puluhan kontingen akan memulai start dari depan kantor Bank Klaten melewati sepanjang jalan protokol dan berakhir di panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Bupati Klaten.

”Peserta diwajibkan mengenakan kostum karnaval dengan desain dari bahan lurik, baik lurik original, lurik batik, dan lurik lukis, bukan baju lurik yang biasa dipakai sehari-hari,” jelasnya.

Ditambahkan, pendanaan KLC 2016 mendapat kucuran bantuan anggaran dari Kemenpar RI dengan pagu anggaran Rp 500 juta, namun realiasinya hanya Rp 300 juta lebih. Selain itu, penampilan setiap kontingen akan dinilai oleh praktisi Carnival dunia yaitu Heru Mataya, Tiwi Avantie, dan I Made Sunadi.

“Pemenang I hingga III akan mewakili Klaten dalam Event Provinsi Jawa Tengah di Magelang, ditambah tropi dan hadiah uang pembinaan,” tambah Joko Wiyono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge