0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Diminta Kembalikan Arcandra Jadi WNI

Arcandra Tahar (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Politisi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan Arcandra Tahar dari jabatannya sebagai Menteri ESDM karena memiliki dua kewarganegaraan. Meski begitu, Presiden Jokowi disarankan tetap menggandeng Arcandra.

“Jokowi juga tetap harus merangkul Arcandra dalam membangun ketahanan Energi Indonesia, bisa dimulai dengan memproses kembali WNI Arcandra, dan menerima masukan-masukan darinya mengenai solusi atas problem kemandirian energi di Indonesia,” ujar Bobby di Gedung DPR, Selasa (16/8).

Bobby berharap sosok Menteri ESDM yang baru nanti benar-benar bebas dari jejak rekam berhubungan dengan mafia migas. Sehingga kebijakan yang diambil benar-benar menguntungkan Indonesia. Seperti pola kerjasama ekstraktif, investasi proses nilai tambah (kilang atau smelter), dan transfer teknologi (jasa penunjang seperti pemboran, konstruksi pengembangan wilayah kerja, (moda transport).

Dia mengingatkan, pemilihan Menteri ESDM tidak hanya melek masalah teknis energi tapi juga menjawab persoalan industri migas di tengah kelesuan harga minyak dunia.

“Menteri ESDM baru juga harus punya formulasi mempercepat PPA di PLN yang mandeg, karena tidak sinkronnya pola financing dengan harga beli listrik, yang dengan penurunan harga minyak, cenderung lambat dalam melaksanakan pembangunan power plant dari batu bara dan energi terbarukan,” katanya.

Dia juga berharap Menteri ESDM yang baru nanti bisa memformulasikan sistem subsidi BBM yang efektif dan tepat sasaran.

“Saya percaya, presiden mampu menugaskan Menteri ESDM yang bukan hanya bersih, bukan hanya asal pintar teknis, tapi taktis dan strategis dalam mengatasi masalah energi Indonesia yang kompleks ini,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge