0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT RI ke-71, Forum Simo Muda Gelar Pemutaran Film Anti Korupsi

dok.timlo.net/ist
Poster pemutaran Film KPK 2 (dok.timlo.net/ist)

Boyolali — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, beberapa organisasi pemuda dan Taman Baca Masyarakat di Kecamatan Simo, Boyolali yang tergabung dalam Forum Simo Muda (FSM) akan menggelar acara musikalisasi puisi dan layar tancap.

Joko Narimo dalam rilis yang diterima Timlo.net, Selasa (16/8) menyebutkan, acara yang mengangkat tajuk “Negeriku yang Sekarang” akan diselenggarakan Kamis (18/8) malam, di halaman Kantor Kecamatan Simo.

Indonesia hingga saat ini, masalah korupsi masih menjadi permasalahan besar yang belum bisa teratasi dengan baik. Meski sudah terdapat institusi resmi anti korupsi seperti KPK, Kepolisian, ICW, maupun kejaksaan, namun pada kenyataannya praktik-praktik korupsi masih banyak terjadi di kalangan masyarakat, mulai dari masyarakat kelas bawah hingga pejabat tinggi yang mengatur “hitam-putih”nya negeri ini.

Memang, bukan perkara mudah untuk benar-benar bisa menciptakan good governance dan pembangunan ekonomi yang baik ditengah-tengah kentalnya budaya korupsi. Peran serta semua pihak untuk menghadang berkembangnya virus korupsi sangat dibutuhkan.

Jika penindakan kasus korupsi sudah ditangani oleh pihak yang berwenang seperti KPK, Kepolisisan dan Kejaksaan, maka pemuda sebagai bagian dari masyarakat bisa melakukan upaya pencegahan korupsi.Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menyelenggarakan pendidikan anti korupsi sejak dini di lingkungan sekitar.

Menurutnya, pemutaran Film Anti Korupsi yang diselenggarakan Forum Muda Simo ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi dan sosialisasi akan bahaya korupsi.

Adapun film-film yang akan diputar merupakan kompilasi 4 film pendek Indonesia bertema anti korupsi yang dirilis pada 26 Januari 2012. Film-film tersebut di antaranya adalah:

Rumah Perkara | Sutradara: Emil Heradi

Yatna (Teuku Rifku Wikana), lurah, setuju menjual tanahnya kepada Jaya (Icang S Tisnamiharja), seorang kontraktor. Halangannya adalah Ella (Ranggani Puspandya), janda yang tidak rela tanahnya dibeli. Terjadilah usaha-usaha, baik dari Yatna maupun anak buah Jaya, untuk mengubah niatan Ella.

Aku Padamu | Sutradara: Lasja F. Susatyo

Vano (Nicholas Saputra) dan Laras (Revalina S Termat) ingin menikah di luar sepengetahuan keluarganya. Sayangnya, tanpa kartu keluarga niat mereka urung terwujud. Seorang calo menawarkan jalan pintas, yang menciptakan dilema tersendiri di pasangan muda-mudi ini. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge