0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Syarat Sopir Taksi Online yang Mau Ubah SIM A Umum

Taksi Uber (merdeka.com)

Timlo.net — Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan kemudahan terhadap para supir taksi berbasis aplikasi (taxi online) yang akan mengubah Surat Izin Mengemudi (SIM) A menjadi SIM A umum.

Dirlantas PMJ, Kombes Pol Syamsul Bahri menuturkan saat ini seorang sopir taksi yang berbasis online harus memiliki SIM A khusus. Namun untuk mengubah dari SIM A biasa menjadi SIM A umum memiliki syarat tertentu.

“Pengemudi yang ingin mengubah SIM A menjadi SIM A Umum harus sudah setahun memiliki SIM A dan kalau belum tidak bisa,” kata Syamsul di Jakarta, Senin (15/8).

Pihaknya juga akan menjemput bola, agar para sopir taksi yang berbasis aplikasi online tersebut mendapatkan kemudahan dalam mengubah SIM A menjadi SIM A umum.

“Kalau memang diperlukan, kami buka layanan di poolnya,” imbuhnya.

Selain wajib mengikuti tahapan tes, para peserta juga tetap dikenakan biaya pembuatan SIM A Umum dengan perincian biaya tes kesehatan sebesar Rp 25 ribu, psikologi sebesar Rp 35 ribu, PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebesar Rp 120 ribu dan simulator sebesar Rp 50 ribu.

Syamsul juga menambahkan, para peserta tetap akan melaksanakan prosedur yang ada dan tidak menjamin kelulusan bagi pemohon.

“Belum tahu berapa yang lolos karena masih dilaksanakan uji SIM-nya. Kalau yang tidak lolos ya berarti harus mengulang lagi,” tandasnya.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge