0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngotot Pengen Buka, PKL Sunday Market Temui Walikota

dok.timlo.net/achmad khalik
Sunday Market Manahan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Perwakilan Pedagang Kaki Lima Sunday Market Manahan mendesak agar Pemerintah Kota Solo segera membuka kembali Stadion Manahan untuk mereka Minggu (21/8) besok. Mereka mendatangi Balaikota Solo untuk menemui Walikota untuk menyapaikan aspirasi. Namun Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo tidak bisa ditemui. Sebagai gantinya, mereka ditemui Kepala Satpol PP, Sutardjo.

“Banyak yang pekerjaannya cuma jualan di Sunday Market. Kalau tutup terus seperti ini, ekonomi kita bagaimana? Kami harap besok Minggu sudah buka,” kata Ketua Serikat Pedagang Minggu Pagi Manahan (SPMPM), Joko Santoso alias Yuli De Santos.

Ia mengatakan banyak pedagang yang menggantungkan perekonomiannya pada Sunday Market. Penutupan Sunday Market selama lima pekan untuk penyelenggaraan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional dirasa sangat memberatkan mereka.

Tak hanya itu, mereka juga kembali meminta Pemkot mengurungkan rencana relokasi Sunday Market. Yuli yakin akan banyak pedagang yang gulung tikar bila harus berpindah ke tempat lain. Menurutnya, Sunday Market telah menjadi salah satu ikon Solo. Banyak pengunjung Sunday Market yang berasal dari daerah lain.

“Kalau Pemkot mau menata agar tidak mengganggu aktifitas olah raga di sana, kami siap bekerja sama asal tidak direlokasi,” kata dia.

Paguyaban sendiri telah mendata kembali para PKL yang ada di sana. Ia mengatakan PKL yang didata hanya yang berjualan rutin di Manahan. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada pedagang musiman yang hanya sesekali saja berjualan.

Sementara itu, Sutardjo belum tidak bisa memberi keputusan atas tuntutan pedagang tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait seperti Dinas Pengleola Pasar dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga selaku pengelola aset.

“Besok Jumat kita akan adakan pertemuan untuk memutuskan apakah akan dibuka atau ada kebijakan lain,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge