0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selundupkan Ganja, Pembesuk Napi Diamankan Sipir

Kapolres Klaten AKBP Faizal, kanan, Kasat Narkoba AKP Danang Eko Purwanto menunjukkan barang bukti ganja yang diduga dikendalikan seorang Napi Lapas Sragen (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Klaten kembali membongkar transaksi narkoba yang melibatkan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Klaten. Diduga, barang haram tersebut hendak diselundupkan oleh pembesuk Lapas Klaten.

“Pada 30 Juli lali kami menerima informasi dari Lapas Klaten adanya narapidana berinisial SMO (39) yang mendapat paket ganja dari pembesuk,” ujar Kasat Narkoba Polres Klaten, AKP Danang Eko Purwanto, Senin (15/8).

Dijelaskan, SMO, warga Polanharjo merupakan narapidana kasus pencurian dengan kekerasan. Ia memesan narkoba jenis ganja ke salah satu pembesuk, Tri Agus Purwoko (23) warga Tulung.

“Pembesuk ini ditangkap petugas sipir di Lapas Klaten. Total barang bukti yang disita dari kelompok ini berupa 470 butir pil ekstasi. Hasil pengembangan sementara, SMO ini juga sering menjadi operator peredaran narkoba dari LP Klaten. Namun, kasus ini terpisah dengan kasus yang melibatkan narapidana Lapas Sragen,” jelasnya.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Klaten, Eko Bekti Susanto mengungkapkan, modus pembesuk menyelundupkan paket ganja dan pil psikotropika menggunakan bungkus rokok yang telah disegel ulang. Kendati demikian, petugas jaga Lapas Klaten tetap menaruh curiga lantaran bungkus rokok itu diselipkan di balik punggung.

“Banyak cara yang dilakukan pembesuk untuk menyelundupkan narkoba bagi narapidana yang berhasil diungkap oleh anggota kami. Ada yang disusupkan lewat bungkus makanan hingga dimasukkan dalam anus,” ungkap Eko dalam gelar perkara di Mapolres Klaten.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge