0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Kekurangan Tenaga Tani, Poktan Digelontor 502 Alsintan

timlo.net/agung widodo
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sebanyak 502 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) digelontor kepada sejumlah kelompok tani (Poktan) di Bumi Sukowati. Diserahkannya Alsintan dari pemerintah ini untuk mendukung brigade tanam untuk mrringankan beban para petani.

“Bantuan Alsintan tersebut diharapkan bisa menutupi kekurangan tenaga kerja di bidang pertanian,” kata Kepala Dinas Pertanian Sragen, Eka Rini Mumpuni, Senin (15/8).

Eka Rini menjelaskan, brigade tanam merupakan salah satu wujud pelayanan dinas pertanian kepada petani untuk memperlancar usaha taninya. Pasalnya saat ini tenaga kerja buruh pertanian semakin banyak berkurang lantaran beralih ke sektor perdagangan atau perindustrian.

502 Unit Alsintan pendukung brigade tanam yang diberikan tersebut terdiri 93 unit Combine Harvester, lima unit Rice Transplanter, 95 unit Tractor R-2, satu unit Corn Combine Harvester, 20 unit Corn Seller, empat unit Power threser, 282 Hand Sprayer dan dua unit Alat Angkut R-3.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati usai menyerahkan Alsintan mengatakan, bantuan Alsintan ditujukan untuk poktan, bukan untuk perorangan. Sehingga bantuan itu seharusnya digunakan untuk kepentingan bersama.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge