0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa Thailand Masak di STIKES PKU

timlo.net/eko prasetyo
Mahasiswa Khon Kaen University Thailand memasak Tomyam (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Sejumlah mahasiswa Khon Kaen University Thailand memasak Tomyam, salah satu makanan khas Thailand, di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Solo, Senin (15/8). Kedatangan mereka bersamaan dengan belasan mahasiswa lainnya dalam rangka summer course yang diikuti sejumlah mahasiswa perguruan tinggi dalam dan luar negeri dan berkunjung di sejumlah perguruan tinggi.

“Karena kegiatan akademis sudah dilaksanakan ketika berkunjung di UMS dan Undip, maka di STIKES PKU Muhammadiyah ini dipilih aktivitas yang lebih santai yaitu memperkenalkan masakan khas negara masing-masing dengan memasak langsung,” jelas Kepala Kantor Urusan Internasional STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, Anis Prabowo kepada wartawan, di kamous setempat, Solo, Senin (15/8).

Sebelum melakukan Summer Course ke STIKES PKU Muhammadiyah Solo, mahasiswa yang terdiri atas 20 orang itu terlebih dahulu melakukan kunjungan belajar ke UMS, Undip, dan STIKES PKU Muhammadiyah. Selain mempelajari sisi akademik perguruan tinggi di setiap kampus yang dikunjungi, mahasiswa-mahasiswa tersebut saling bertukar informasi tentang budaya.

Sementara itu, ketiga mahasiswa asing laki-laki, yaitu Watcharapong Sarawong, Mette Muanmat, dan Kritsada Saithongyon asal Khon Kaen University Thailand, terlihat begitu piawai memasak. Meskipun begitu, mahasiswa perempuan pun tak lantas berdiam diri. Mereka saling membantu untuk memasak Tomyam. Aneka bumbu dan bahan untuk membuat Tomyam, antara lain ketumbar, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, daun jeruk, kecap ikan, udang, serai, minyak cabai, jahe, lengkuas, dan lain-lain, segera mereka olah dan masak.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge