0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Temukan Benda Purbakala di Tengah Makam

timlo.net/putra kurniawan
Yoni temuan warga ditutup kain putih menjadi latar belakang Kepala Desa Pucangan, Budiyono (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Benda purbakala ditemukan warga di tengah Tempat Pemakaman Umum Dusun Sraten, Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura. Warga berinisiatif mengangkat benda purbakala berupa Yoni dan sejumlah batu bata berukuran besar dan melaporkan penemuan ini ke Dinas Pariwisata Sukoharjo.

“Warga sempat mengira Yoni tersebut berupa kijing yang terpendam, namun setelah diangkat ternyata sebuah Yoni yang diperkirakan berusia ratusan tahun. Butuh puluhan orang untuk mengangkat Yoni tersebut,” kata Kepala Desa Pucangan, Budiyono, Senin (15/8).

Selain Yoni berdiameter sekitar 90 cm dan tinggi sekitar satu meter, di sekitar lokasi juga ditemukan batu bata berukuran tidak biasanya. Batu bata tersebut berukuran lebar 22 cm dan panjang 39 cm ditemukan warga di pinggir sungai kecil tidak jauh dari lokasi penemuan Yoni.

Selama ini Yoni tersebut terpendam di tengah pemakaman dan tidak terlalu dihiraukan warga karena mengira hanya sebuah batu nisan. Pasalnya, seluruh Yoni terpendam dan hanya bagian atasnya yang menyembul di permukaan tanah dengan lubang di tengahnya.

“Yoni penemuan warga kemarin pada Hari Minggu, segera melaporkan penemuan benda kuno itu ke Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (DPOPK),” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge