0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hebat, Perangkat Daerah Bakal Manfaatkan VoIP

Pemkab Boyolali mulai terapkan sistim Smartcity, sistim ini akan memberi kemudahan PNS dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat (timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali mulai menerapkan konsep smartcity. Untuk tahap awal, baru diberlakukan di perangkat daerah Setda Boyolali dengan fasilitas telepon yang menggunakan Voice over Internet Protocol (VoIP).

“Ini menggunakan tekhnologi yang berbentuk paket, berisi suara, video dan data, nanti disalurkan melalui jaringan internet,” kata Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP), Insan Adi Asmoro, Senin (15/8).

Dijelaskan, dengan sistem ini, pemakaian telepon bisa dihemat Rp 500 juta per tahun. Selain itu, penerapan smartcity juga bisa menghemat pemakaian kertas. Dimana selama ini, selama satu tahun, anggaran paperless mencapai Rp 3 Miliar hingga Rp 4 Miliar.

“Penghematanya sangat luar biasa,” tambahnya.

Penerapan smartcity, juga akan dilakukan Badan Lingkungan Hidup terkait pembangunan ruang terbuka hijau di 19 wilayah kecamatan se- Boyolali. Nantinya masyarakat juga bisa mengakses internet dengan gratis.

“Ruang terbuka hijau juga akan dilengkapi jaringan internet gratis bagi masyarakat,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge