0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paskibraka Batal Dilantik Gara-gara Bukan WNI

Upacara bendera. (Dok.Timlo.net/ Nanang Rahadian)

Timlo.net – Gloria Natapradja Hamel batal dilantik menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Kemenkum HAM telah memastikan bahwa Gloria tercatat sebagai Warga Negara Prancis. Sedianya, dia bertugas di HUT RI ke-71 di Istana Merdeka, Kamis (17/8).

“Kemenkum HAM sudah mengeluarkan surat bahwa memang saudari Gloria ini dinyatakan sebagai WNA dan sudah barang tentu keluarganya, orangtuanya akan segera ngurus tentang kewarganegaraan Gloria,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Senin (15/8).

Imam mengakui lalai dalam proses seleksi. Sebab, proses seleksi dilakukan di tingkat Kabupaten tepatnya di Kabupaten Depok yang tak bisa terpantau dengan baik.

“Karena ada proses seleksi di tingkat kabupaten yang tidak sempat kami pantau,” katanya.

Namun begitu, saat sudah mengetahui bahwa Gloria yang awalnya merupakan perwakilan Paskibraka dari Provinsi Jawa Barat itu warga negara asing, dia langsung berkoordinasi dengan Kemenkum HAM.

“Itu karena ketahuan maka kita minta keterangan Kemenkum HAM,” katanya.

Meski anggota Paskibraka berkurang satu orang tapi tak akan mengganggu jalannya puncak HUT RI ke-71.

“Jadi semuanya 68 dan sekarang tinggal 67. ini tidak mengurangi konfigurasi maupun tugas-tugas penting yang besok akan dilakukan di depan Istana,” katanya.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge