0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Arab Panas, Jamaah Haji Jangan Minum Es

timlo.net/achmad khalik
Jamaah haji siap diterbangkan ke Tanah Suci (timlo.net/achmad khalik)

Timlo.net – Cuaca siang hari di Arab Saudi cukup terik. Di Jabal Uhud, suhu udara mencapai 49 derajat celcius. Calon jemaah haji yang akan menunaikan ibadah haji diimbau untuk tidak mengonsumsi minuman es karena akan mempengaruhi suhu tubuh yang panas.

“Makanya kemarin kita ingatkan, setertarik apa pun nanti di sana sama es, jangan diminum es, di sana bisa mencapai 49-50 derajat, drastis banget sama di sini (Indonesia),” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Alma Lucyati, Senin (15/8).

Menurut Alma, populasi yang banyak serta udaranya panas akan sangat rentan dengan penyakit ISPA inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Dia juga mengingatkan, para jamaah untuk tetap menggunakan masker selama menjalankan aktivitas ibadah di Tanah Suci agar terhindar dari perbedaan suhu udara.

“Kalau bisa tadi, selama di sana tetap jaga asupan makanan sehat. Konsumsi buah dan sayur yang banyak dan minum yang cukup,” terangnya.

Selain itu, Alma mengimbau agar para jamaah haji jangan melakukan kontak langsung dengan unta selama berada di Tanah Suci. Cara itu meminimalisir agar terhindar dari penyakit Middle East Respiratory Syndrome atau MERS.

“Dari awal kita memberikan pelatihan (kepada jemaah haji) kita sudah ingatkan itu, jangan ada kontak dengan unta. Dulu mah, ikut menyembelih melihat ke peternakan unta. Kalau sekarang jangan seperti itu,” tandasnya.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge