0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT RI, Pendaki Dilarang Upacara di Puncak Merapi

Gunung Merapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merapi melarang pendaki menggelar upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Puncak. Larangan ini juga berlaku bagi pendaki, mereka hanya diijinkan sampai di Pasar Bubar. Diperkirakan ada 1.500 pendaki yang bakal naik ke Puncak Merapi.

“Kita larang sampai Puncak, hanya boleh sampai pasar bubar, kondisi di puncak masih labil, sangat berbahaya,” kata Kepala Resort Selo BTNG Merapi, Suwignya, Senin (15/8).

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada pendaki agar berhati-hati dan waspada. Terutama dengan perubahan cuaca di atas. Saat ini, menurut Suwignya, diatas masih sering turun hujan dan kabut tebal. Pendaki juga dilarang mencari jalur pendakian sendiri dan dihimbau tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kalau cuaca berubah, kita sarankan untuk segera turun, badai dan kabut serta hujan masih sering terjadi di atas,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Samsuri, koordinator Relawan Bara Meru, Plalangan, Lencoh, Selo, kondisi cuaca yang berubah-ubah harus tetap diwaspadai. Pihaknya menyarankan agar pendaki membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup. Utamanya membawa jas hujan dan baju pengganti. Pendaki juga diminta hati- hati karena jalur pendakian licin akibat musim kemarau basah.

“Beberapa hari ini hujan, kita pastikan jalur pendakian licin,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge