0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diduga Bakar Hutan, Enam Warga Ditangkap

Ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Diduga membakar hutan, enam petani asal Sumatera Selatan diamankan. Dua pelaku ditahan, sambil menunggu proses persidangan.

Kasubdit Tindak Pidana Tertentu Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Tulus Sinaga mengatakan, keenam tersangka di antaranya satu berasal dari Kabupaten Ogan Ilir dengan inisial S. Sedangkan sisanya dari Musi Banyuasin berinisial M, S, S, M dan M. Mereka ditangkap petugas selama bulan Mei dan Juni 2016.

“Untuk tahun ini sudah ada enam tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan, dua tersangka ditahan di Mapolres Ogan Ilir dan Musi Banyuasin,” ungkap Tulus, Senin (15/8).

Dijelaskannya, mayoritas tersangka membakar hutan milik sendiri untuk membuka lahan. Luas lahan yang dibakar mulai dari dua sampai lima hektar. Ada juga tersangka yang membakar lahan milik perusahaan perkebunan.

“Yang tidak ditahan itu ada empat tersangka membakar lahan milik sendiri. Semuanya ada di Musi Banyuasin,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, penyidik akan menyerahkan berkas perkara ke kejaksaan untuk proses lebih lanjut. Para tersangka terancam dipidana paling lama 15 tahun penjara sesuai Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan.

“Tak lama lagi berkasnya P21 dan disidang. Kami imbau warga tak lagi bakar lahan agar tak terjerat hukum,” tukasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan satelit sebaran hotspot tanggal 14 Agustus 2016 yang diupdate tanggal 15 Agustus 2016 pukul 06.30 WIB, terhitung terdapat 21 titik di Sumsel. Di antaranya, Kabupaten Musi Rawas Utara dan Musi Rawas masing-masing delapan titik, Panukal Abab Lematang Ilir tiga titikk, serta di Empat Lawang sebanyak dua titik.

[ang]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge