0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dies Natalis, UTP Nanggap Wayang

UTP gelar pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Warseno Slank (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Tunas Pembangunan (UTP) menggelar pementasan wayang kulit dengan dalang Ki Warseno Slenk, mengambil lakon Gatotkaca Winisuda.

“Pementasan wayang kulit ini untuk menyemarakkan Dies Natalis ke 36 UTP. Berlangsung di halaman kampus I Balekambang Lor 1 Solo,” jelas Rektor UTP Ongko Cahyono dalam keterangan pers yang diterima Timlo.net, di Solo, Senin (15/8).

Rektor UTP mengatakan, pementasan wayang ini menceritakan pertentangan suksesi memperebutkan Kerajaan Pringgodani yang diserahkan ke Arimbi. Hal ini menimbulkan pertentangan, karena Arimbi seorang ibu atau perempuan dianggap tidak layak untuk memimpin kerajaan.

Arimbi menyerahkan amanat itu kepada Gatotkaca, namun Brojodento, saudaranya Arimbi tidak setuju. Akhirnya menimbulkan peperangan antara Brojodento dengan Gatotkaca yang dimenangkan oleh Gatotkaca sebagai pemegang amanah dari Arimbi.

Filosofinya, kata Ongko, Gatotkaca adalah seorang sosok pemimpin yang bisa mengayomi, bekerjasama dan memperhatikan saudara-saudaranya. Disamping itu, sosok seorang pemimpin harus bisa menyingkirkan sifat Adigang, Adigung, Adiguno. Yaitu, harus bisa menghilangkan sifat licik ibarat kancil, mengandalkan kekuatanya ibarat gajah, dan semena-mena ibarat ular yang mengandalkan bisanya.

Sedangkan sifat yang harus dimiliki adalaha sifat guru, pendeto, petani. Yaitu, pejuang tanpa pamrih bagai guru, tahu  apa yang harus dilakukan (visioner)  baik atau buruk bagai pendeto, serta pemimpin itu lugu (tidak nggege mongso/aji mumpung) bagai petani.

Hal ini, menurut Ongko, diharapkan bisa diimplementasikan di UTP, yaitu, para pemimpin UTP hendaknya bisa mengayomi dan bekerjasama dalam satu tujuan, memajukan UTP untuk lebih baik lagi dalam menyajikan pendidikan tinggi guna menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing hebat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge