0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serikat Pekerja Media Harus Mencari Bentuk Baru

Ketua Federasi Serikat Pekerja Media (FSPM) Independen, Abdul Manan memberi materi dalam workshop Pengorganisasian dan Kepemimpinan Serikat Pekerja di Solo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pesatnya perkembangan industri media menuntut pekerja media untuk segera mencari bentuk serikat pekerja yang sesuai. Pasalnya, bisnis media memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan industri lain. Terlebih lagi di era digital ini new media sudah berkembang pesat.

“Sekarang ini industri media sudah banyak berubah. Media-media yang ada sekarang banyak yang bergabung dalam satu grup atau diakuisisi grup lain,” kata Ketua Umum Asosiasi Jurnalis Independen (AJI), Suwardjono dalam Workshop Pengorganisasian dan Kepemimpinan Serikat Pekerja di Solo, Minggu (14/8).

Perubahan tersebut berdampak signifikan terhadap para pekerja media. Media-media yang tergabung dalam satu grup kini hanya memperkerjakan satu atau dua wartawan dalam satu daerah di bawah grup tersebut. Karya wartawan itu kemudian ditayangkan di beberapa media yang tegabung dalam satu grup. Padahal sebelumnya, masing-masing media memiliki satu wartawan di satu wilayah.

“Jadi tadinya dari media A, B dan C masing-masing punya satu wartawan, setelah tiga media itu tergabung dalam satu grup, yang dipekerjakan hanya satu, yang dua diberhentikan atau dipindah ke daerah lain.” terangnya.

Kondisi itu akhirnya mempersulit pekerja media untuk membentuk serikat pekerja karena di satu kota hanya ada beberapa orang.

“Makanya ini kita harus pikirkan bagaimana bentuknya,” kata dia.

Salah satu opsi yang sempat dilontarkan adalah dengan membentuk serikat pekerja lintas media di satu kota. Namun diakui, ide itu cukup sulit dilakukan karena perusahaan media akan keberatan mengakui serikat yang anggotanya berasal dari perusahaan lain yang notabene merupakan kompetitor.

“Sulit juga dan selama ini belum pernah ada preseden seperti itu,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge