0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ciptakan Alarm Banjir, Dua Siswa Ini Dapat Penghargaan Internasional

Asep Muhammad Yanwar dan Muhammad Alfarisi dengan karya mereka, SIMINA Banjir yang berhasil memenangi penghargaan internasional (foto: Rosyid)

Solo – Bencana banjir masih menjadi momok bagi jutaan jiwa yang tinggal di daerah aliran sungai. Namun keadaan itu justru seringkali mendorong masyarakat untuk berinovasi.

Salah satu hasil inovasi tersebut adalah Sistem Mitigasi Bencana Banjir (SIMINA Banjir) karya dua remaja asal Cimahi Asep Muhammad Yanwar dan Muhammad Alfarisi. Desain alarm mereka telah memenangi penghargaan dari Singapura di ajang International Exhibition for Young Inventors di Cina.

“Kita mendesain ini awalnya karena di kosan sering mendadak kebanjiran,” kata Alfarisi, Sabtu (13/8).

Desain alarm bikinan murid SMK Negeri 2 Cimahi itu mempunyai kelebihan dibanding desain yang sudah ada. SIMINA Banjir sudah terintegrasi dengan modem GSM. User bisa memantau ketinggian air sungai setiap saat melalui SMS.

User akan mendapat peringatan melalui SMS pada saat ketinggian air mencapai level waspada. Bila ketinggian air terus naik sampai level awas, sistem akan menelfon user dan membunyikan alarm.

“Untuk berlangganan cukup kirim sms dengan format tertentu,” kata dia.

SIMINA juga dilengkapi dengan panel surya sebagai sumber listrik. Ini sengaja dilakukan karena pada saat banjir, biasanya aliran listrik dari PLN diputus. Dengan adanya panel surya sebagai catu daya, maka SIMINA tetap bisa berfungsi optimal meskipun listrik mati.

“Untuk buat ini kita membutuhkan biaya sekitar Rp 1,5 Juta. Komponen paling mahal di panel surya itu. Harganya bisa sampai Rp 700-800 Ribu,” kata dia.

Saat ini, SIMINA Banjir karya dua remaja yang duduk di bangku kelas 3 SMK itu memang masih berupa prototipe. Mereka berharap karya mereka bisa diaplikasikan agar bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Kalau tidak bisa mencegah banjir, paling tidak kita bisa ubah orangnya,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge