0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Tawari UMKM Ikuti Pameran Internasional

foto: Setyo
Salah satu tim kurator Disperindag dan sekaligus pengurus Kadin Solo, R. David Wijaya (dua dari kiri) (foto: Setyo)

Solo – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Solo siap mendorong sektor usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) agar dapat terus berkembang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam pameran Internasional.

“Akhir September mendatang kebetulan ada dua even pameran dengan skala internasional yang difasilitasi oleh Kemendag, yang pertama di India dan kedua di Korea Selatan. Oleh karena itu, kita ingin mendorong para UMKM di Solo supaya bisa ikut untuk ambil bagian,” ujar salah satu tim kurator Disperindag dan sekaligus pengurus Kadin Solo, R. David Wijaya kepada wartawan, kemarin.

Dirinya mengatakan, UMKM di Solo sebenarnya cukup memiliki potensi untuk dapat bersaing dalam pasar Internasional. Hal itu mengingat produk yang dihasilkan memiliki banyak inovasi dan kelebihan jika dibanding yang lain.

“Misalnya saja seperti produk furniture, handycraf, makanan, fashion dan lainnya. Sehingga saya kira Solo punya potensi sendiri untuk dapat menarik perhatian dalam ajang pameran nanti,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku Solo hanya diberi kuota 3-5 UMKM saja dalam pameran nanti. Oleh karena itu agar dapat memaksimalkan potensi, ada beberapa kriteria khusus yang akan direkomendasikan ikut pameran.

“Syaratnya UMKM itu belum pernah difasilitasi ikut pameran sebelumnya, dan selanjutnya memiliki potensi pasar di negara yang bersangkutan,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge