0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FKIP UNS Lepas Empat Mahasiswa Thailand

dok.timlo.net/tyo eka
FKIP UNS lepas 4 mahasiswa Thailand (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) melepas empat mahasiswa asal Thailand, di Gedung FKIP UNS Solo, Jumat (12/8). Keempat mahasiswa tersebut dilepas setelah berada kota Solo mengikuti Program Internasional 2016 selama sebulan mulai tanggal 17 Juli hingga 15 Agustus 2016.

“Program International 2016 merupakan program kerjasama FKIP UNS dengan Southeast Asian Minister of Education (SEAMEO) melalui Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project),” jelas Dekan FKIP UNS, Joko Nurkamto kepada wartawan, di Kampus FKIP UNS, Solo, Jumat (12/8).

Kegiatan itu,  bertujuan membuka kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk melakukan praktik mengajar di sekolah-sekolah di Asia Tenggara, sekaligus mengemban prioritas kegiatan SEAMEO untuk merevitalisasi Pendidikan Guru di ASEAN. Dalam hal ini FKIP UNS bersama sembilan universitas di Indonesia, dua universitas di Filipina, dan lima universitas di Thailand telah menandatangani perjanjian untuk melakukan program pertukaran mahasiswa calon guru yang kuliah di fakultas pendidikan masing-masing universitas.

Sementara itu, Theerapat Pikulthong, mahasiswa Suratthani Rajabhat University (SRU) Thailand mengatakan, dalam program ini dirinya melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan mengajar Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Inggris untuk para siswa di SMP Negeri (SMPN) 4 Solo selama sebulan.

“Program ini memberikan pengalaman menarik untuk saya, mulai dari siswanya, guru-gurunya, dan lingkungan sekolahnya,” ujarnya.

Selain Theerapat, ada tiga mahasiswa asing lainnya yang juga mengikuti program serupa. Mereka adalah Ketsri Yuraket dari Thepsatri Rajabhat University (RTU), Jiratchaya Mawadee dari Chiangrai Rajabhat University (CRU), dan Montree Laptrakan dari Pharanakhon Si Ayutthaya Rajabhat University (ARU). Ketsri dan Jiratchaya juga mengajar Mapel Bahasa Inggris, sedangkan Montree mengajar Mapel Matematika.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge