0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebun Raya Boyolali Bakal Kalahkan Kebun Raya Bogor

dok.timlo.net/nanin
Alat berat back hoe melakukan pengerukan Sungai Sombo, sebagai persiapan pembangunan kebun raya di Indrokilo, Mojosongo (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali mulai melakukan persiapan awal pembangunan megaproyek kebun raya di Indrokilo, Dusun Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Mojosongo, Boyolali. Salah satunya adalah pengerukan Sungai Sombo dengan anggaran Rp 1,9 Miliar.

“Nanti kita bendung, airnya kita alirkan ke lokasi kebun raya, nanti sebagai sumber air di kebun raya,” kata Kepala BLH Boyolali, Cipto Budoyo, Jumat (12/8).

Air Sungai Sombo yang merupakan anak Sungai Gandul, nantinya digunakan untuk menyirami tanaman langka yang berada di kebun raya. BLH sendiri memilih Sungai Sombo karena kedua sungai tersebut melintas di lokasi kebun raya.

“Untuk saat ini kan di Indrokilo belum ada sumber air, makanya kita memanfaatkan Sungai Sombo,” tambahnya.

Kebun raya akan menampung tanaman konservasi sehingga butuh suplai air yang cukup. Rencananya, proyek bangunan kebun raya di Indrokilo senilai Rp2,77 Miliar akan dimulai pada anggaran perubahan tahun ini. Pemkab Boyolali menggandeng Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), untuk mempersiapkan proyek kebun raya tersebut.

Terpisah, Bupati Boyolali Seno Samodro, mengungkapkan kebun raya yang dibangun di Indrokilo merupakan duplikasi Kilimanjaro dan air terjun Niagara. Kebun raya dibuat untuk mengakomodir penyelenggaraan even-even besar.

“Ini bakal mengalahkan kebun raya Bogor,” tandas Bupati.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge