0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Ada Kepastian, Puluhan Calhaj Was-Was

timlo.net/agung widodo
(Ilustrasi) Calon jamaah haji (Calhaj) (timlo.net/agung widodo)

Wonogiri — Calon jamaah haji (Calhaj) asal Wonogiri yang tergabung dalam Kloter 52 Embarkasi Solo, hingga kini masih merasa was-was. Pasalnya sampai saat ini mereka yang jumlahnya puluhan orang itu belum mendapat kepastian terkait visa keberangkatan ke Tanah Suci.

“Benar, tapi ada yang sudah dapat visa, seperti Kloter 18. Mereka sudah dapat visa semua,” ungkap Kasie Haji Kemenag Wonogiri, Ali Yatiman, Jumat (12/8).

Disebutkan, total ada 407 Calhaj asal Kabupaten Wonogiri. Mereka terbagi dalam dua kloter. Kloter 18 sejumlah 355 orang dan Kloter 55 ada 52 orang. Sedang pemberangkatan Calhaj dari Wonogiri direncanakan tanggal 29 Agustus mendatang. Parahnya lagi, Kloter 55 sampai saat ini belum ada kepastian dan bahkan informasi resmi tentang visa mereka.

Berbeda dengan Kloter 18 yang dijadwalkan berangkat dari Wonogiri, Minggu (14/8) mendatang. Mereka bisa tidur nyenyak, karena sudah memiliki visa semua. Calhaj Wonogiri kloter 18 rencananya berangkat dan dilepas resmi Bupati Joko Sutopo di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu (14/8).  Menyusul Kloter 52, diberangkatkan Senin (29/9) mendatang.

Pihaknya mengaku terus berkoordinasi dengan Embarkasi di Donohudan. Tapi pihak embarkasi sendiri juga tidak bisa memberikan kepastian. Pasalnya urusan visa merupakan wewenang kedutaan. Menurut dia, selama penyelenggaraan ibadah haji di Wonogiri, belum dijumpai ada calhaj yang terkendala tidak mengantongi visa.

“Tahun ini terdapat 407 Calhaj asal Wonogiri. Terdiri dari 194 laki laki dan 213 perempuan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge