0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Empat Bom Meledak di Thailand, 1 Tewas dan 23 Terluka

Foto pecahan ponsel yang diduga sebagai detonator. (Dok: Timlo.net/ Edwin Wiek.)

Timlo.net—Paling tidak ada dua bom meledak di resort di tepi laut Hua Hin di Thailand, beberapa jam setelah dua bom membunuh satu orang dan melukai 23 orang lainnya di tempat tujuan wisata populer untuk para turis itu. Ledakan itu terjadi Jumat (12/8) sekitar pukul 9:00 waktu Bangkok di dekat menara jam di tempat wisata itu.

Pemberitaan yang belum dikonfirmasi menyatakan paling tidak ada empat ledakan terdengar. Dari daftar korban yang terluka paling tidak ada tujuh orang asing dari Barat. Beberapa orang berada dalam kondisi kritis di sebuah area pasar di resort itu. Bom-bom itu diyakini tersembunyi di pot-pot tanaman dan diaktifkan dengan ponsel.

Foto pecahan ponsel yang diduga sebagai detonator tersebar di sosial media. Pemerintah Thailand menutup area itu sembari merawat para korban dan mengumpulkan bukti di lokasi kejadian. Seorang penjual makanan di jalan diduga tewas dalam ledakan.

Hua Hin dikabarkan merupakan tempat kediaman favorit Raja Thailand Bhumibol Adulyadej. Foto-foto yang beredar di sosial media menunjukkan orang-orang dirawat di rumah sakit lokal, di antaranya beberapa turis Barat.

“Polisi di Hua Hin berkata 2 bom sepeda motor melukai 11 orang, beberapa terluka serius, beberapa orang asing. 1 bom diikuti bom kedua, serupa dengan gerakan pemberontak di selatan,” tweet Jonathan Head dari BBC.

Thailand digoncang beberapa serangan teroris Islam beberapa tahun terakhir ini, yang dihubungkan dengan pemberontak di bagian selatan negara itu. Pada 17 Agustus 2015, Thailand Selatan digoncang serangkaian bom yang terjadi di Yala, Provinsi Yala dan Hat Yai, Provinsi Songkhla. Serangan-serangan ini dihubungkan dengan pemberontak Islam.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge