0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rayakan HUT RI, PUMA-20 Gelar Lomba Pidato Bahasa Jawa

timlo.net/putra kurniawan
Suasana lomba pidato bahasa jawa (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Paguyuban Karang Taruna Kampung Madyorejo, Keluruhan Jetis menggelar lomba pidato dengan bahasa jawa untuk memeperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71. Lomba ini  bertujuan untuk melestarikan budaya jawa di kalangan remaja agar tidak luntur di tengah kemajuan jaman.

“Kita sengaja mengadakan lomba pidato bahasa jawa ini agar para remaja tidak melupakan budaya jawa. Dan ke depan agar budaya ini masih ada penerusnya. Dan moment HUT kemerdekaan ini kita manfaatkan untuk menggugah semangat mereka,” kata ketua panitia, Rizky Pujiono, Kamis (11/8).

Materi yang diangkat dalam lomba pidato bahasa jawa ini adalah, acara serah terima temanten yang selalu menggunakan bahasa jawa Kromo Inggil. Di luar dugaan, jumlah peserta cukup banyak dari kalangan remaja anggota Paguyuban Muda Mudi (PUMA-20) dan cukup serius berpidato bahasa jawa.

Dari penilaian tiga dewan juri, seluruh peserta mendapat apresiasi yang sangat tinggi, mengingat mereka masih duduk di bangku SMP namun berani berpidato bahasa jawa. Meskipun masih ada beberapa kata yang salah dalam pengucapannya, namun penampilan mereka cukup menjamin masa depan budaya jawa.

“Semua peserta nilainya bagus biarpun satu dua kata ada yang keliru mengucapkan, yang peting berani tampil dengan gagah berani, tidak minder itu sudah menunjukkan nilai yang baik,” tandas dewan juri, Mujiman.

Selain lomba pidato bahasa jawa, perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-71 juga diadakan berbagai lomba lainnya seperti, lomba masak remaja, dan sejumlah lomba untuk ibu-ibu dan bapak-bapak. Kegiatan ini dilakukan untuk memupuk kebersamaan dan menumbhkan semangat persatuan demi menjaga kemerdekaan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge