0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Larangan Beli BBM Pakai Jerigen, Disdag Belum Bersikap

dok.timlo.net/agung widodo
Pembelian BBM di SPBU (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Dinas Perdagangan (Disdag) Sragen belum bisa mengambil langkah dan solusi terkait aturan Hiswana Migas terkait larangan menggunakan jerigen dalam pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah eks Karesidenan Surakarta mulai Senin (15/8) mendatang. Disdag juga belum bisa memberikan rekomendasi kepada pihak yang menginginkan pembelian pakai jerigen.

”Surat rekomendasi dari Dinas Perdagangan tidak bisa sekarang. Kita belum tahu dampaknya seperti apa, namun SPBU sudah ada yang memasang peringatan larangan membeli menggunakan jerigen,” kata Plt Kepala Disdag Sragen Heru Martono, Kamis (11/8).

Heru mengatakan, yang mengalami kesulitan, bukan hanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tapi para petani yang membutuhkan BBM umtuk keperluan pertanian juga akan keberatan.

“Saya sebenarnya juga kasihan dengan petani, biasanya pada musim seperti ini terjadi kekeringan, namun syukur sampai sekarang masih ada hujan,” ujarnya.

Menurutnya, kemungkinan yang diperbolehkan untuk membeli dengan jerigen adalah BBM jenis Pertalite. Dia menilai pelarangan pembelian jerigen ini terkait dengan rencana penarikan BBM jenis Premium dari pasaran.

”Mungkin masyarakat diharapkan beralih ke pertalite,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge