0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setelah Gatot Subroto, Pemkot Ingin Benahi Jalan Radjiman

Jl Radjiman, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pemerintah Kota Solo berencana membenahi Jalan Radjiman. Penataan tersebut merupakan kelanjutan dari penataan kawasan Jalan Gatot Subroto yang kini tengah berlangsung.

“Kita sedang siapkan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungannya (RTBL),” kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Agus Witiarso, Rabu (10/8).

Penataan Jalan Radjiman rencananya akan dilakukan dalam empat segmen. Segmen pertama dilakukan dimulai dari Perempatan Pasar Singosaren hingga Lingkar Baron. RTBL untuk segmen ini sudah selesai. Rencananya, tahun ini pengerjaan segmen tersebut sudah bisa dimulai.

Agus memberi gambaran, nantinya kawasan tersebut akan menonjolkan bangunan-bangunan kuno yang ada. Di sisi utara jalan akan digunakan untuk jalur pedestrian. Kendaraan bermotor maupun mobil akan dilarang parkir di sepanjang jalan tersebut agar suasana kawasan tersebut lebih bisa dinikmati.

“Jadi nanti bisa digunakan untuk aktifitas ekonomi dan budaya,” kata dia.

Penataan kawasan tersebut bukannya tanpa alasan. Jalan Gatot Subroto dan Radjiman memang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Banyak bangunan-bangunan bersejarah di sana seperti kediaman KRMH Sosrodiningrat, salah satu anggota BPUPKI. Sementara Jalan Rajiman dahulu adalah jalur yang digunakan waktu Keraton Mataram berpindah dari Kartasura ke Surakarta.

“Bangunan-bangunan di sana banyak yang masih kuno. Dulu milik saudagar-saudagar,” kata Agus.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge