0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Uji Coba N-219 Warnai Pembukaan Hakteknas ke-21

​Menko Pembangunan manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjajal simulator n-219 dalam pembukaan Hakteknas ke-21 di Manahan, Rabu (10/8) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Uji coba simulator pesawat N-219 oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani memeriahkan acara pembukaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 di area parkir Manahan, Rabu (10/8). Momen tersebut sekaligus menandai dimulainya pengujian landing gear dan sayap pesawat tersebut.

“Hari ini kita merayakan harteknas ke 21 beliau hadir untuk turut menyaksikan produk anak indonesia yaitu N-219. Tentunya sudah ada inovasi-inovasi dari produk-produk sebelumnya seperti N-250 dan N-235,” kata Puan sebelum menjajal simulator.

Puan memasuki testing board N-219 yang didesain serupa dengan kokpit pesawat itu dengan tiga monitor di depannya. Dipandu oleh personel dari PT Dirgantara Iindonesia (DI), ia mencoba lepas landas dengan ’pesawat’  tersebut dan terbang selama sekitar lima menit. Uji coba berjalan lancar.

Menurut rencana awal, pengujian sayap di Bandung dan landing gear di Subang akan dilakuan bersamaan dengan dioperasikannya simulator tersebut. Video pengujian di dua lokasi itu akan ditayangkan di venue Hakteknas 2016 melalui videoconference. Sayangnya, rencana tersebut batal.

Meski demikian, ia meyakinkan pengujian di Bandung dan Subang tetap dilaksanakan sesuai rencana. Ia mengaku sudah meminta agar pengujian tersebut didokumentasikan dan dikirim ke acara Harteknas.

“Internetnya di sini pelan. Jadi kita tidak bisa dapat video langsung,” kata Direktur Utama PT DI, Budi Santoso.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge