0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BBPOM Sita Ratusan Jamu Ilegal

Petugas dari BBPOM menunjukkan kemasan jamu ilegal yang disita (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Tim gabungan dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menggerebek rumah di Dusun Klampisrejo, Desa Bulakrejo, Sukoharjo Rabu siang (10/8). Dari rumah tersebut, petugas menyita ratusan karung jamu ilegal.

“Kita mendapat laporan dari masyarakat yang sering mendapati produk jamu kemasan yang tidak dilengkapi dengan ijin edar di toko-toko kelontong. Dan hasil penyelidikan kami jamu itu diproduksi di sini,” kata Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Semarang, Zeta Rina Pujiastuti, Rabu (10/8).

Rumah milik TK di Dusun Klampisrejo, Kelurahan Bulakrejo, Sukoharjo ini berfungsi sebagai gudang penyimpanan produk jamu ilegal. Selain itu, tim juga mendatangi tiga rumah yang digunakan untuk mengemas jamu dan sebuah rumah sebagai tempat produksi di Desa Bulakrejo.

Ada lima merk jamu yang diproduksi oleh TK dan semuanya tidak dilengkapi surat ijin edar dari BBPOM, Cobra, Jogja-Solo, Jinten Arab, Walisongo dan Bima Kudra. Kelima produk ini terbuat dari bahan alami dicampur bahan kimia obat dan sudah beredar luas di wilayah eks Karesidenan Surakarta.

“Nomor registrasi untuk obat tradisional ini fiktif karena menggunakan berkode TR. Selama ini, BBPOM tak pernah menerbitkan nomor registrasi TR untuk kelima merek produk jamu tersebut. Dan hasil penyelidikan awal, TK sudah memproduksi jamu ini sejak 2012,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge