0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenkes Fokus Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyambut kedatangan Menko PMK Puan Maharani di RS UNS (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) fokus melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit dengan penguatan di pelayanan kesehatan primer. Hal ini dikarenakan dengan banyaknya orang yang jatuh sakit anggaran yang dikeluarkan juga semakin tinggi, sehingga harus ada upaya pencegahan.

“Banyak sekali orang yang sudah jatuh sakit. Kalau ini terjadi terur-terusan, uang untuk membiayai orang sakit terlalu tinggi. Dan kami tidak ingin orang sakit, makanya kita harus turunkan angkanya, sehingga upaya prefentif itu penting,” kata Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek, di sela acara peresmian RS UNS, di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (10/8).

Dicontohkan, hampir 24 persen penduduk Indonesia mempunyai penyakit hipertensi, dan 2/3 dari mereka tidak sadar kalau mengalami hipertansi. Sehingga harus dilakukan upaya pencegahan sejak dini, dan jika penyakitnya sudah lebih berat harus dirujuk ke pelayanan kesehatan lebih tinggi.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan ikut mendorong pembangunan rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil. Sehingga sistem pelayanan kesehatan bertahap, mulai dari pelayanan tingkat pertama hingga lebih tinggi di atasnya bisa berjalan dengan baik.

“Semua ada sistemnya, kalau penyakitnya lebih berat bisa dirujuk ke layanan rumah sakit regional seperti rumah sakit tipe B, C atau D. Dan kalau membutuhkan penanganan lebih lanjut, bisa di rumah sakit nasional atau spesialis,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge