0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPATK Temukan Bukti Kelompok Santoso Dibiayai Abu Sayyaf

Abu Sayyaf (merdeka.com)

Timlo.net – Kelompok teroris pimpinan Santoso di Poso, Sulawesi Tengah, mendapatkan dana aksi terorisme dari kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Hal itu diketahui berdasarkan hasil pelacakan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kepada kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

“Pernah ada indikasi (kelompok Santoso) dengan kelompok Filipina Abu Sayyaf,” kata Ketua PPATK Muhammad Yusuf, Rabu (10/8).

Menurutnya, dana yang diterima kelompok teroris Santoso dari kelompok teroris Abu Sayyaf secara cash. Sebab, mereka ingin dana yang diterima tidak diketahui siapapun.

“Saya katakan mereka by cash tidak resmi karena mereka ingin tidak diketahui,” kata dia.

Dia menambahkan, kelompok teroris mendapatkan dana dari sumbangan simpatisan atau merampok. Sementara kelompok teroris yang kerapkali melakukan transaksi keuangan di negara Suriah dan Irak.

“Ada dua pendanaan yang halal dan tidak halal itu ilegal. Yang halal itu sumbangan antar individu mereka dan yang tidak halal itu merampok. Kelompok mana dalam sistem anggota, simpatisan mereka dan negara yang sering terjadi konflik contohnya Suriah dan Irak,” kata dia.

Namun, kata dia jumlah yang diterima kelompok teroris sangat variatif karena mereka melakukan transfer pendanaan melalui cash. Atas temuan itu, pihaknya sudah menyerahkan kepada pihak Polri dan BNPT.

“Mereka tidak banyak menggunakan transfer tapi cash jadi susah dilacak. Tapi kita sudah serahkan data ke Densus 88 Polri dan BNPT,” tandasnya.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge