0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Gelar Festival Internasional Karawitan Gadhon

dok.timlo.net/tyo eka
Endang Tri Winarni (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Program studi (Prodi) Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) akan menggelar International Festival of Karawitan Gadhon 2016, di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), 12 – 13 Agustus 2016.

“Tema yang diketengahkan adalah Melalui Budaya Seni Tradisi Menembus Globalisasi,” jelas Ketua Panitia, Endang Tri Winarni kepada wartawan, di Kampus FIB UNS Surakarta, Rabu (10/8).

Endang mengatakan, ada 12 grup yang akan mengikuti festival dari tujuh negara, masing-masing satu peserta eksibisi Grup Manunggal Rasa. Grup tersebut merupakan gabungan dari lima negara, yakni Amerika, Jepang, Hongaria, Italia dan Indonesia. Peserta lain, dua peserta luar negeri Inggris dan Wales, serta Sembilan peserta dari Indonesia.

“Peserta dari Indonesia, antara lain, Gadhon Mangkunegaran Modern, Grup Laras Pandhawa FIB UNS, Laras Triyagan, Solo Junior, Laras Kumenyar, dan sebagainya,” ungkapnya.

Dari 13 grup karawitan gadhon tersebut, menurut Endang, akan dipilih lima grup yang diberi penghargaan atas prestasinya. Di antaranya, penyaji gadhon terbaik, penyaji kendhang terbaik, penyaji gender terbaik, penyaji rebab terbaik dan penyaji vocal terbaik.

Tujuan festival tersebut, menurut Endang, sebagai bentuk perhatian dan keikutsertaan aktif terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kesenian Jawa khususnya karawitan gadhon, serta sebagai salah satu upaya memperkenalkan khasanah seni budaya Jawa kepada masyarakat luas.

“Termasuk sebagai momentum awal kerjasama UNS dengan berbagai lembaga dan instansi pendidikan seni dan budaya pada taraf internasional,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge