0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Identifikasi Kerusakan Saluran Irigasi, TNI Gandeng Mahasiswa

timlo.net/putra kurniawan
TNI libatkan mahasiswa untuk identifikasi kerusakan saluran irigasi (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sejumlah saluran irigasi dilaporkan warga mengalami kerusakan akibat longsor dan pendangkalan, sehingga mengakibatkan produksi padi tidak bisa maksimal. Kondisi ini disikapi TNI dengan menggandeng mahasiswa untuk mengidentifikasi dan menghitung kebutuhan perbaikan.

“Berdasarkan laporan dari warga banyak titik-titk irigasi tidak bisa berfungsi dengan baik entah karena jebol maupun pendangkalan. Dampaknya mereka mengalami kekurangan pasokan air yang berakibat gagal panen,” kata Komandan Kodim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Taufan Widiantioro, Selasa (9/8).

Menindak lanjuti laporan dari masyarakat tersebut, Kodim 0726 mengajak mahasiswa tehnik sipil dari UMS dan Univet Bangun Nusantara mengidentifikasi. Selain itu, mereka juga melakukan penghitungan kebutuhan untuk memperbaiki saluran irigasi yang rusak agar kembali berfungsi normal.

Hasil identifikasi berupa data dan dilengkapi dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) akan dilaporkan ke Korem 074 Warastratama Surakarta. Selain itu juga akan dilaporkan kepada pemerintah Kabupaten Sukoharjo untuk dilakukan penanganan lebih lanjut untuk mendukung peningkatan produksi padi.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada Bapak Bupati dan beliau mendukung karena ini benar-benar masukan murni dari bawah. Tadi ada 21 titik dan kita kompres menjadi 12 karena yang lain hanya terjadi pendangkalan dan bisa langsung kita atasi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge