0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keracunan 32 Siswa SD, Diduga Berasal dari Mie dan Saos

merdeka.com
Ilustrasi Keracunan (merdeka.com)

Sragen – Bahan makanan yang menyebabkan puluhan siswa SD Negeri Karungan 1, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh diduga lantaran sudah terkontaminasi bahan kimia. Hal ini menyebabkan 32 siswa, dari jumlah sebelumnya 27 siswa mengalami pusing, mual dan muntah.

”Kita ambil sampel mie memang tidak jelas produksinya dan saosnya diracik sendiri,” kata Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Sunar, Selasa (9/8).

Keracunan tersebut diduga akibat kontaminasi dalam makanan dilihat dari hasil reaksi para siswa. Namun demikian Sunar tidak bersedia mengambil kesimpulan sendiri, lantaran semua jenis makanan seperti mie ayam, sosis  atau tempura, sampelnya telah dibawa ke laboratorium Propinsi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dia mengatakan reaksi jika kontaminasi bakteri relative lama, sampai 6 jam setelah konsumsi. Sedangkan kasus yang terjadi tersebut cukup cepat, hanya sekitar 30 menit siswa sudah merasakan reaksi dari makanan tersebut.

Ke-32 siswa tersebut juga telah mendapat perawatan di Puskesmas Plupuh dan semua sudah diperbolehkan pulang ke rumah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge