0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur : Perbanyak Minum, Jangan Takut Beser

Pelepasan Calon Haji di Asrama Haji Donohudan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sore tadi melepas calon haji kloter 1 asal Tegal di Embarkasi Donohudan Boyolali. Ganjar yang sempat berdialog langsung dengan calhaj, meminta agar mereka tetap menjaga kesehatan. Karena cuaca panas di Arab Saudi yang mencapai 50 hingga 52 derajat celcius.

“Tentunya sangat panas, banyak minum air putih, jangan takut beser (ingin buang air kecil terus),” pesan Ganjar Pranowo, Selasa (9/8).

Selain itu, calhaj juga diminta untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pendamping haji. Terutama bila merasa ada gangguan kesehatan, agar segera mengubungi petugas. Hal ini sekaligus juga untuk mencegah calhaj yang tersesat selama menjalankan ibadah haji di Mekah.

“Khusus yang pakai gelang merah, petugas harus memberikan pengawasan, diberi gelang merah karena mungkin ada gangguan kesehatan atau karena lansia,” tambahnya.

Sementara terkait dengan daftar tunggu haji yang bisa mencapai puluhan tahun, Ganjar berencana akan mendorong Kemeterian Agama dan presiden agar melobi raja Arab Saudi, terkait penambahan kuota haji. Sebab jika tahun ini mendaftar, maka kemungkinan baru akan berangkat ke tanah suci 20 tahun kemudian.

“Indonesia kan muslimnya terbesar se dunia, masak tidak diberi prioritas,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge