0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang HUT RI, 140 Paskibra Lahap Menu Latihan

timlo.net/aditya wijaya
Latihan Paskibra di Alun-alun Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Jelang upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71, ratusan pelajar asal Klaten yang tergabung dalam pasukan pengibar bendera (paskibra) terus menjalani latihan. Mereka dilatih Kodim 0723/Klaten, Polres Klaten, Dodiklatpur, Disbudparpora, dan alumni paskibra di Alun-alun Klaten sejak 23 Juli lalu.

“Jumlahnya ada 140 anggpta Paskibra, meliputi 70 anggota untuk upacara pengibaran bendera dan 70 anggota untuk penurunan bendera. Pelatihan digelar setiap pagi pukul 07.00-11.00 dan sore pukul 14.00-17.00 WIB,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Generasi Muda Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten Cahyono Sudibyo, Selasa (9/8).

Mereka menjalani seleksi di tingkat rayon mulai Januari lalu dan lolos syarat administrasi, kesamaptaan, dan penguasaan gerak dasar peraturan baris berbaris (PBB). Dijadwalkan, tim paskibra Kabupaten Klaten tahun ini akan dikukuhkan pada 15 Agustus, pekan depan.

Ditanya materi latihan, kata Cahyono, mencakup baris-berbaris, tata cara pengibaran dan penurunan bendera yang benar hingga cara melipat bendera yang benar. Saat ini tim pelatih belum menentukan regu mana yang akan menjadi pengibar bendera atau penurunan bendera.

“Ini masih kita seleksi dulu, pada H-5 jelang pengukuhan baru kita pilih regu mana yang cakap melaksanaan pengibaran dan cakap menurunkan bendera,” kata dia.

Sementara, Arsi Cahyaning Widi (16) asal SMKN 3 Klaten mengaku, masuk anggota Paskibra merupakan impiannya sejak di bangku Sekolah Dasar (SD). Bahkan dia mengajukan diri untuk ikut seleksi di sekolahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge