0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalin Kerukunan, FKUB Klaten Gelar Dialog Antar Umat Beragama

dok.timlo.net/aditya wijaya
Dialog antar umat beragama di Masjid Agung Al Aqsho Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Puluhan tokoh umat beragama di Klaten mengikuti dialog kerukunan antar umat beragama, Selasa (9/8) di ruang pertemuan Masjid Agung Al Aqsho. Kegiatan tersebut digelar oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Klaten.

“Dialog ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya menjalin kerukunan antar umat beragama,” kata Ketua FKUB Klaten, KH Syamsudin Asrofi.

Untuk menekan timbulnya konflik, kata dia, perlu mengetengahkan kesetaraan diantara umat bergama dengan tidak menganggap kelompoknya yang paling baik. Selain itu, perlu ditempuh adanya konsistensi dan saling menjaga untuk kepentingan umat beragama.

“Upaya dialog ini sudah mulai dilakukan di tingkat eks pembantu bupati yang diikuti oleh para camat dan kepala desa. K edepan hal yang sama akan dilakukan terhadap Ketua RT/RW secara bertahap,” kata Syamsudin.

Dialog tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni pengasuh Pondok Pesantren Al Mu’ayat Makamhaji Kartasura KH Dian Nafi’, dan dosen Antropologi Agama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Ahmad Salehudin.

“Untuk menghindari terjadinya konflik maka yang perlu dilakukan adalah menghindari munculnya sesuatu yang dapat menyinggung kepentingan umat beragama maupun penganut kepercayaan. Meski kecil, munculnya penyebab ketersinggungan itu dapat memicu terjadinya konflik sosial antar umat beragama,” ujar Dian Nafi’.

Sedangkan Wakil Bupati Klaten Sri Mulyani mewakili Bupati Sri Hartini mengatakan, dialog diharapkan dapat menggugah dan menyadarkan masyarakat jika perbedaan dan keberagaman bukan menjadi pengahalang dan penghambat dalam menjalin kebersamaan. Sebaliknya, perbedaan dan keberagaman hendaknya dijadikan sarana mewujudkan kerukunan dan persatuan yang kuat diantara sesama umat, sebagai modal pembangunan bangsa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge