0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Pertama, Delapan Kloter Mendarat di Bandara Abdul Aziz

Jamaah haji siap diterbangkan ke Tanah Suci (timlo.net/achmad khalik)

Timlo.net – Sebanyak delapan kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Selasa (9/8) ini. Tiga Kloter lainnya akan tiba pada Rabu (10/8) dini hari.

Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) yang ditugaskan di Daerah Kerja (Daker) Bandara Madinah saat ini sudah siap menerima kedatangan jemaah haji asal Indonesia tersebut.

Dari Madinah, berbagai persiapan telah dilakukan. Termasuk penyiapan kantor di area bandara guna mendukung administrasi, katering, kesehatan dan transportasi. Puluhan petugas haji Indonesia pun sudah berada di bandara guna memandu jemaah haji.

Menurut jadwal, sebanyak 450 jemaah haji asal embarkasi Padang dijadwalkan mendarat Selasa (9/8) pukul 10.45 waktu Arab Saudi. Kedatangan mereka akan disambut oleh Duta Besar RI untuk Saudi Arabia, Agus Maftuh Abegebrial dan kemudian diarahkan ke bus menuju pemondokan di wilayah Markaziyah, radius 650 meter dari Masjid Nabawi.

Dengan diberlakukannya One Way Route dua tahun terakhir ini, gelombang pertama sebanyak 212 kloter mengangkut 87.316 orang jemaah mendarat langsung di Madinah dan dipulangkan ke Indonesia melalui bandara Jeddah. Sementara gelombang kedua mendarat di Bandara Jeddah dan kembali ke Indonesia melalui Bandara Madinah.

Di hari pertama pemberangkatan, sebanyak 11 kelompok terbang (kloter) jemaah haji dari Indonesia akan diberangkatkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dari 9 Embarkasi, Selasa (9/8) dari pagi hingga malam hari. Dari embarkasi Banjarmasin 1 kloter, Bekasi 1 kloter, Batam 1 kloter, Surabaya 1 kloter, Medan 1 kloter, Padang 1 kloter, Makassar 1 kloter, Jakarta 2 kloter dan Solo 2 kloter.

Tim PPIH Daker Bandara Madinah memberikan pelayanan kepada jemaah berupa penanganan bagasi, dokumen haji, katering, kesehatan dan transportasi menuju pemondokan. Mereka akan melayani jemaah haji selama kedatangan di Bandara Madinah dan kemudian berpindah ke Jeddah saat kedatangan jemaah gelombang kedua.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge