0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebenaran Petugas BNN Minta CCTV Sel Fredi dicabut Masih Misteri

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly (merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly belum berkomentara soal dugaan adanya petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) yang meminta mencabut circuit close television (cctv) di ruang sel terpidana mati Fredi Budiman. Meski dia mengakui memiliki beberapa informasi terkait kabar adanya petugas BNN yang meminta CCTV di ruangan sel Fredi dimatikan, Yasonna berulang kali bungkam soal hal tersebut.

“Ada informasi-informasi yang sudah disampaikan kepada saya yang belum mau saya share sekarang, pokoknya itu disampaikan ke BNN kira-kira begitu,” kata Yasonna di kantor Kemenkum HAM, Jakarta, Selasa (9/8).

Yasonna melanjutkan sejak dulu pengamanan serta Standard Operational Procedure (SOP) di lapas Nusakambangan sangat ketat. Tidak ada toleransi dalam hal apapun termasuk pemasangan CCTV.

Menurut Yasonna pemasangan CCTV ataupun pengamanan lainnya sudah dipersiapkan dengan baik dan hal itu tidak bisa diganggu gugat.

“SOP itu enggak bisa diganggu-ganggu siapapun yang meminta, jangan pasang CCTV, matikan ini tidak ada. Itu sudah SOP, jadi itu kita lakukan,” tandasnya.

Seperti diketahui, mantan Kalapas Nusakambangan Liberti Sitinjak menjalani pemeriksaan di BNN untuk diminta konfirmasi perihal testimoni Fredi Budiman soal adanya petugas BNN yang meminta CCTV di ruang sel Fredi dimatikan. Hal ini ramai setelah koordinator Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar mempublikasikan testimoni Fredi seusai eksekusi.

Dalam testimoni Fredi yang ungkap Haris Azhar, disebut ada pihak yang meminta Sitinjak mencabut CCTV yang mengarah ke sel Fredi. Orang tersebut disebut-sebut anggota BNN.

“Semua hal terkait yang dikatakan katanya dari Fredi Budiman harus dikonfirmasi. Kita tunggu saja hasil pemeriksaan nanti, bisa Pak Sitinjak yang menyampaikan,” lanjutnya.

Pemeriksaan Sitinjak dipimpin Inspektur Utama, Irjen Pol Rum Murkal.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge