0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KP2A : Laporkan Jika Temukan Bikini

Mie Bikini (merdeka.com)

Karanganyar — Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak (KP2A) Kabupaten Karanganyar mengimbau masyarakat waspada dan melapor apabila menemukan makanan bernama bihun kekinian (bikini) beredar di masyarakat. Bahkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta kepolisian menindak tegas produsen makanan ringan tersebut.

“Kemasan makanan itu mengancam moral anak dan melakukan pelecehan terhadap perempuan,” kata Ketua KP2A Kabupaten Karanganyar, Hadiasri Widiyasari.

KP2A lantang mengkritisi produk itu karena kemasan bihun kekinian memuat gambar dan tulisan bernada promosi yang tidak pantas. Gambar dan tulisan pada kemasan dinilai dapat mendorong anak berfantasi seksual dan bentuk pelecehan terhadap perempuan.

“KP2A membuat enam butirĀ  pernyataan sikap terkait beredarnya produk tersebut,” kata Hadiasri Widiyasari.

Isi pernyataan sikap adalah mendesak pemerintah memberikan teguran keras kepada produsen bahwa produk bihun kekinian mengancam moral anak dan mendorong tindakan pelecehan seksual, meminta pemerintah menghentikan produksi bihun kekinian dan memusnahkan sisa kemasan yang belum terpakai maupun masternya.

KP2A juga menegaskan pada pihak berwenang untuk memonitoring di pasar dan menarik barang yang sudah beredar di masyarakat, memberikan sanksi hukum kepada produsen jika masih memproduksi dan distributor yang masih melempar produk di masyarakat.

“Kita mengajak masyarakat memboikot produk bihun kekinian dan melaporkan kasus jika menemukan produk tersebut beredar di masyarakat,” katanya.

KP2A juga mendorong instansi terkait lebih berhati hati dan selektif mengeluarkan ijin produksi dan ijin edar produk makanan.

“Kami belum menemukan produk itu dikonsumsi warga Karanganyar. Tetapi, masyarakat kan mudah mengakses lewat media sosial. Informasi soal bihun itu sudah marak di media sosial dan berjejaring. Maka masyarakat harus waspada,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge