0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengendalian Pencemaran Hantar Eka Raih Doktor Cumlaude

Eka Rahayu Normasari (istimewa)

Solo – Model pengendalian pencemaran berhasil menghantar Eka Rahayu Normasari meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan predikat Cumlaude. Eka menjadi doktor UNS ke 226 dan ke 14 dari Program Studi Ilmu Lingkungan.

“Sumber pencemar yang memberi kontribusi besar untuk pencemaran sungai Martapura selain berasal dari perilaku domestik masyarakat tepi air yang bermukim di sepanjang aliran sungai,” ungkap Eka saat mempertahankan disertasi di depan dewan penguji, di ruang sidang UNS, Solo, Senin (8/8).

Pencemaran, menurut Eka, juga ditimbulkan banyaknya rumah makan, pasar dan hotel yang saluran pembuangan limbahnya langsung menuju Sungai Martapura.

Lebih lanjut ia mengatakan, kearifan lokal masyarakat Banjarmasin dalam memberikan perlindungan terhadap Sungai Martapura sebagai pusaka alam dan pusaka saujana pada jaman dahulu adalah dengan membuar kanal yang multi fungsi selain sebagai pertanian, penampungan air mengurangi luapan air serta menghidari banjir dengan motto Kayuh Baimbai yang artinya dayung bersama.

Eka yang mengetengahkan disertasi berjudul Model Pengendalian Pencemaran Sungai Martapura di Kota Banjarmasin, dalam ujian doktor tersebut meraih nilai 3,86 dengan predikat cumlaude.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge