0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perketat Pengamanan Saat Sidang, Tahanan Bakal Diborgol

dok.merdeka.com
ilustrasi pencuri (dok.merdeka.com)

Karanganyar — Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar memperketat pengamanan bagi tahanan, terutama yang akan melaksanakan persidangan. Hal tersebut dilakukan paska peristiwa kaburnya tahanan Kejari pekan lalu.

”Atas peristiwa itu, kami minta peralatan borgol dicek. Setiap tahanan yang akan disidang harus dikawal ketat,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar Teguh Subroto, Senin (8/8).

Ditambahkan Teguh, kasus tahanan kabur memang baru pertama kali terjadi di Kejari Karanganyar. Namun, pihaknya melihat kasus semacam itu juga terjadi di daerah lain. Aturan borgol bagi tahanan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika terdakwa melarikan diri selama menjalani proses persidangan di pengadilan.

”Selama menjalani persidangan, para terdakwa adalah tanggungjawab kami,” jelas Teguh.

Untuk itu, pihaknya membuat aturan memborgol para tahanan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Apalagi kondisi di pengadilan saat ini sangat ramai dengan pengunjung dengan berbagai urusan hukum. Situasi tersebut dikhawatirkan dimanfaatkan oleh tahanan untuk kabur.

”Melihat kelonggaran itu cukup mengkhawatirkan bagi keamanan tahanan. Untuk antisipasi saja dan rasanya, tidak salah kalau pemberlakuan borgol,” terangnya.

Pihaknya juga berencana menambah alat pengamanan. Seperti borgol untuk tahanan akan ditambah.

”Borgol harus selalu dicek kondisinya. Kalau rusak saya minta dilaporkan. Kalau tidak lapor, bagaimana pimpinan tahu kalau ada yang rusak,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge