0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cina Uji Coba Alat Transportasi Hybrid Bus/Kereta Api

Dok: Timlo.net/ TechCrunch.
Transit Evelated Bus. (Dok: Timlo.net/ TechCrunch.)

Timlo.net—Anda mungkin pernah menemukan video di Facebook atau jejaring sosial lainnya tentang konsep alat transportasi hybrid kereta api dan bus yang berasal dari Cina. Alat transportasi ini bisa berjalan di atas mobil-mobil (dan di atas lalu lintas).

Tapi alat ini saat itu masih berupa sebuah konsep. Anda mungkin berpikir jika ide penciptaan alat ini hebat, tapi tidak bisa direalisasikan. Sekarang China Xinhua News berkata jika alat transportasi yang disebut the Transit Elevated Bus (TEB) tidak hanya merupakan benda nyata tapi menjalani uji coba pertama di awal bulan ini. Uji coba itu dilakukan di Kota Qinhuangdao dan terdiri dari tes konsumsi energi dan rem.

Alat ini ditenagai seluruhnya dengan listrik, memiliki panjang 21,94 m dan lebar 7,62 m dan bisa mengangkut 300 penumpang. Bila alat ini beroperasi, kecepatannya bisa mencapai 40 mil per jam. Untuk saat ini alat ini belum siap digunakan untuk umum, tapi apa yang dilakukan Cina cukup menakjubkan untuk menjadi kenyataan. Negara-negara seperti Brazil, Perancis, India dan negara kita Indonesia dikatakan juga tertarik untuk memakai TEB ini.

Sumber: TechCrunch

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge