0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aksi Seru Ribuan Mahasiswa UGM Bentuk Formasi PBB

merdeka.com
Aksi Seru Ribuan Mahasiswa UGM Bentuk Formasi PBB (merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak 8.745 mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) membentuk formasi lambang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Aksi ini dilakukan di Lapangan Pancasila, Grha Sabha Pramana, Yogyakarta, Sabtu (6/8).

Rektor UGM, Dwikorita Karnawati mengatakan kepada seluruh mahasiswa baru untuk berjanji kepada diri mereka masing-masing. Janji itu adalah agar mahasiswa memiliki jati diri UGM, memiliki jati diri bangsa Indonesia, dan menjadi pemimpin dunia.

“Selamat menempuh pendidikan di UGM, selamat menjadi pemimpin dunia,” kata Dwikorita, Sabtu (6/8).

Lambang PBB dibuat berukuruan besar dengan caping berwarna biru dan putih digunakan mahasiswa baru. Pembentukan formasi itu menandai berakhirnya Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Palapa UGM 2016 ditutup secara simbolis oleh Rektor UGM.

Lambang PBB terbentuk memiliki arti bahwa UGM siap menjadi global citizens berkontribusi dan peduli terhadap permasalahan global. Meskipun siap menjadi global citizens, UGM tidak melupakan identitas bangsanya. Selain itu, lambang PBB memiliki pesan kepada seluruh penduduk dunia bahwa Indonesia memiliki kepedulian tinggi terhadap perdamaian dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi turut menghadiri acara penutupan PPSMB Palapa 2016 mengatakan, bahwa UGM memiliki terobosan format pengenalan mahasiswa baru.

“Format pengenalan ini akan menjadikan mahasiswa insan akademik yang memiliki hubungan antar manusia dengan luar biasa,” ujar Budi Karya.

Budi Karya dalam orasinya menyampaikan bahwa UGM adalah universitas memiliki kemajemukan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kemajemukan itu nantinya akan menjadikan para mahasiswa memiliki kepekaan sosial.

“Yakinlah, seseorang yang memiliki kecerdasan lebih baik dan menjadikannya sebagai insan-insan yang berhasil,” tegas dia.

Pada kesempatan , Budi Karya juga mengajak mahasiswa untuk menempa diri dengan kegiatan positif di luar perkuliahan. Menurutnya, kelak mahasiswa akan berhadapan dengan masyarakat sehingga mahasiswa harus memiliki competitive advantage yang bisa ditempa lewat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Mahasiswa akan mendapatkan keahlian dan komitmen sebagai modal mahasiswa di kemudian hari,” jelasnya.

Sebelum acara berakhir, mahasiswa baru membentuk formasi-formasi telah dibentuk pada tahun-tahun sebelumnya. Formasi ini yakni, formasi kepulauan Republik Indonesia, formasi bertuliskan Indonesia Raya, formasi lambang negara Indonesia Garuda Pancasila, dan terakhir membentuk formasi ASEAN.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge