0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prodi Pendidikan Biologi Gelar SEMBIO XIII

foto: Tyo Eka
Prodi Pendidikan Biologi Gelar SEMBIO XIII (foto: Tyo Eka)

Solo – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Seminar Biologi (SEMBIO) XIII di Aula gedung F, FKIP UNS Surakarta, Sabtu (6/8). Tema besar diketengahkan, Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya.

“Isu strategis yang diangkat pada SEMBIO XIII 2016 adalah perbaikan dan pengembangan pengetahuan terkait teaching and assessing (pedagogical context), serta pemutakhiran knowledge content . Berbagai perubahan dan penyesuaian sedang berlangsung di Lembaga Pencetak Tenaga Kependidikan Indonesia, khususnya Prodi Pendidikan Biologi di Indonesia dan sekolah-sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013,” jelas Ketua Panitia, Dewi Puspitasari kepada wartawan, di sela-sela acara.

Tujuannya, kata Dewi, tidak lain adalah untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), serta menyelaraskan pendidikan dan pembelajaran di kelas dengan harapan dan tujuan pendidikan abad 21.

Keynote speaker dan pembicara utama adalah Dirjen BELMAWA Kemenristekdikti Prof. Intan Ahmad M., Ph.D yang juga sebagai Guru Besar Entomologi ITB Bandung. Ia mengetengahkan tema Revitalisasi LPTK dalam Pengembangan Profesionalisme tenaga Pendidik Menghadapi era MEA.

Pembicara lain adalah Guru Besar di F.MIPA Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. A. Duran Corebima, M.Pd. Ia berbagi ilmu tentang Metakognisi: Tantangan Penelitian, Implementasi, dan Asesmen dalam Pembelajaran Biologi.

Pembicara terakhir adalah Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. Beliau adalah Guru Besar Genetika Molekuler yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I UNS Surakarta menyampaikan materi tentang New Trends in Animal Genetic Engineering.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge