0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerapan e-Retribusi Dilakukan Bulan Depan

timlo.net - dhefi
Ilustrasi karcis retribusi (timlo.net - dhefi)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menargetkan sistem elektronik retribusi sudah bisa diterapkan bulan depan. Untuk meningkatkan persiapan, upaya sosialisasi kepada para pedagang terus dilakukan.

“Dalam tahap pertama ini, kita akan menerapkan uji coba di dua pasar. Yaitu Pasar Gede dan Pasar Ngudi Rejeki Gilingan,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo, Subagiyo kepada wartawan, Jumat (5/8).

Namun demikian, setelah ujicoba itu juga ditargetkan semua pasar akan dipastikan dapat mengikuti pola pembayaran yang sama. Dengan system e-retribusi, para pedagang tidak perlu membayar secara manual kepada petugas. Mereka hanya diminta untuk menggesekan kartu di mesin EDC yang telah disiapkan.

“Dengan perubahan sistem ini, kita berharap dapat meminimalisir penyelewengan dana retribusi dari pedagang. Karena dengan menggunaan mesin EDC, berarti para pedagang tidak membayarkan uang secara langsung kepada petugas,” jelasnya.

Sementara itu, Costumer Commercial Funding Head PT BTN, Sri Haryanti dalam kesempatan yang sama menyampaikan, saat ini focus utama yang dilakukan adalah membuatkan rekening kepada para pedagang. Dengan rekening itu, pedagang bisa melakukan deposit uang untuk pembayaran retribusi kios yang bersangkutan.

“Target kita sebelum resmi dioperasikan bulan depan, semua pedagang di dua pasar ini sudah memiliki rekening,” terangnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, menurutnya jumlah pedagang yang berkewajiban membuat rekening baru ada sekitar 1.150 orang. Untuk membantu memudahkan pedagang dalam membuat rekening, pihaknya juga akan menurunkan petugas di lapangan untuk jemput bola.

“Dari total pedagang itu, yang jelas semua adalah pemilik kios. Untuk penyewa kios tidak diwajibkan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge