0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhir 2016, Karanganyar Gelar Pilkades Serentak

Ilustrasi Pilkades (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sebanyak sepuluh desa di enam kecamatan di Kabupaten Karanganyar akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada akhir 2016. Pemkab Karanganyar mengalokasikan Rp 450 juta untuk kegiatan tersebut.

“Tidak ada pungutan biaya sepeser pun kepada bakal calon kepala desa. Pemkab Karanganyar sudah mengalokasikan dana APBD Rp 45 juta per desa,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Jumat (5/8).

Sepuluh desa yang ikut Pilkades serentak, di antaranya Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Tohkuning dan Harjosari (Karangpandan), Petung dan Wonokeling (Jatiyoso), Buntar dan Kaliboto (Mojogedang), Blulukan dan Klodran (Colomadu), dan Dukuh (Ngargoyoso). Rencana Pilkades dilaksanakan pada November atau Desember 2016.

Sementara itu Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Sunarno mengatakan, tahapan Pilkades terdiri dari persiapan, pencalonan, pemungutan suara, dan penetapan. Namun Sunarno mengingatkan bahwa hal paling mendesak saat ini adalah pembentukan panitia dan pembuatan anggaran pilkades di setiap desa itu.

“Pak Bupati juga meminta kecamatan dan desa gotong royong sosialisasi hingga pelosok. Calon dan masyarakat harus menjaga keamanan dan kondusivitas lingkungan sebelum, saat, dan sesudah pilkades,” ujar dia.

Sunarno belum dapat memastikan tanggal pelaksanaan Pilkades. Dia kembali memberikan ancar-ancar bulan November atau Desember. Pelaksanaan Pilkades dapat mundur dari jadwal apabila bakal calon dari setiap desa tidak sesuai ketentuan. Bakal calon kepala desa minimal dua orang dan maksimal lima orang.

“Apabila tidak memenuhi hal itu maka harus dilakukan penjaringan atau seleksi kembali sehingga memenuhi ketentuan,” kata Sunarno.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge